Tips Menangkal Bahaya Abu Vulkanik

Erupsi Gunung Kelud yang berada di perbatasan Kediri, Blitar, dan Malang, Jawa Timur ini tentu saja membuat kita semua prihatin. Terlebih jika terdapat keluarga, sanak saudara, maupun kerabat yang berada di daerah tersebut. Dampak buruk dari bencana tersebut yang paling dirasakan penduduk sekitar adalah adanya material vulkanik berupa abu/debu, pasir, dan kerikil yang dimuntahkan Kelud. Material tersebut cukup berbahaya, terutama debunya yang bisa terbawa angin hingga ratusan, bahkan ribuan kilometer dari lokasi.

Anda yang bermaksud menjenguk kerabat ke daerah bencana, bisa mengandalkan jasa sewa mobil Semarang dari Semberani Rent sebagai sarana transportasinya. Selain itu, Anda tentu juga harus mengetahui dan mewaspadai efek bahaya dari material muntahan si gunung, beserta cara mencegahnya.

sewa mobil semarang cegah abu vulkanik

IRITASI. Abu vulkanik sangat berbahaya terhadap kesehatan, karena bisa mengakibatkan iritasi paru, mata, dan kulit.


Secara umum, sifat asam dari abu vulkanik dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru, dari atas hingga bawah. Akibatnya terjadi batuk-batuk dan bersin-bersin. Jika berlanjut, maka akan terjadi sesak napas, sakit tenggorokan, dan timbunan dahak. Terlebih jika sebelumnya aada riwayat sakit pernapasan, maka akan kambuh. Akibat lanjutannya adalah risiko infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan penumpukan debu/silica di paru (silikosis).

Cara efektif untuk mencegah terjadinya efek tersebut adalah meminimalkan aktivitas luar rumah. Jika sangat perlu untuk keluar rumah, gunakan masker yang aman. Masker biasa yang tipis tidak mampu memproteksi hingga 100%. Debu masih bisa tembus, terlebih dari samping. Pilihlah masker respirator yang bisa menyaring partikel-partikel kecil. Jika tidak ada, penggunaan masker tipis pun tetap jauh lebih baik.

Selain potensi serangan ke pernapasan, abu vulkanik juga berpotensi terjadinya iritasi pada mata dan kulit. Mata bisa berair hingga kebutaan. Gunakan kaca mata pelindung. Kulit yang terkena iritasi bisa gatal-gatal, erosi, bahkan terbakar. Untuk itu gunakan baju lengan panjang yang rapat.

Penting untuk mengenal dan mengetahui akibat-akibat yang bisa ditimbulkan dari material vulkanik ini. Setelah itu penting juga untuk mengetahui bagaimana cara mencegahnya. Semoga bencana ini segera mereda, dan kita semua mampu memetik hikmahnya.

One thought on “Tips Menangkal Bahaya Abu Vulkanik

  1. Pingback: Tips Menangkal Bahaya Abu Vulkanik | TravelSquare

Comments are closed.