Tips Hemat Baterai Ponsel Saat di Perjalanan

Repot jika ponsel Anda sekarat alias lowbat parah saat berada di perjalanan. Kalau sudah begini, siap-siap saja Anda “matgay” alias mati gaya. Kerabat nun jauh di sana pun akan dibuat kecewa karena kehilangan komunikasi.

Saat ini memang zamannya PowerBank. Tapi Anda tidak bisa sepenuhnya mengandalkan peranti penyimpan daya tersebut. Terlebih jika gadget yang Anda bawa cukup banyak, sehingga harus berbagi dan bergantian. Simak tips berikut ini agar baterai ponsel bisa hemat.

sewa mobil semarang

HEMAT BATERAI. Simak tips agar baterai ponsel tidak sekarat alias lowbat saat di perjalanan.



Full Sebelum Berangkat
Sebelum berangkat, pastikan baterai ponsel Anda dalam keadaan penuh. Tergantung sisa power baterai Anda, charge-lah sesaat sebelum berangkat untuk memperpanjang masa pakainya. Tapi hati-hati jika Anda pelupa, bisa-bisa cara ini berisiko charger tertinggal, bahkan ponselnya.

Matikan Suara Notifikasi
Demi menghemat baterai, segera matikan semua bunyi-bunyian nada dering dan notifikasi. Mulai dari telepon, sms, bbm, email, dan jejaring sosial. Matikan juga fungsi getarnya. Bukan sekadar silent, karena mode ini justru membuat ponsel Anda bergetar dan boros baterai.

Bijak Menggunakan Aplikasi
Terkoneksi ke media sosial akan cukup menguras baterai, terlebih jika Anda tipikal sedikit-sedikit update status. Guna mengirit baterai, batasi aktivitas ini, atau nonaktifkan untuk sementara.

Kembali ke Peta
Tidak ada salahnya Anda kembali ke masa lampau. Lupakan dulu kecanggihan dan kepraktisan teknologi GPS. Saatnya kembali ke peta, demi ponsel panjang umur. Lagi pula daerah yang Anda tuju tentu sangat spesifik, sehingga cukup membawa peta yang berkaitan dengan daerah tersebut saja.

Matikan Saat Blank Spot
Saat berada di daerah yang minim sinyal, atau tidak stabil, biasanya ponsel akan bekerja keras melakukan searching, sehingga baterai akan cepat habis. JIka dalam kondisi ini sebaiknya matikan saja ponsel Anda.

Manfaatkan Pemantik
Jika Anda banyak berada di perjalanan darat dengan sewa mobil Semarang Semberani, Anda bisa memanfaatkan pemantik apinya dengan mencolokkan travel charger. Setidaknya bisa memperpanjang napas baterai ponsel Anda.