Semarang: Modernisasi dalam Balutan Sejarah

Jelajahi Indonesia dan kenali setiap sudut wilayahnya. Berlibur ke Indonesia tak lengkap bila tak mengunjungi setiap pelosok daerah yang menyimpan jutaan kekayaan dan pesona alam yang begitu menyilaukan mata. Tak jarang justru yang tersembunyi inilah yang paling bisa menorehkan ingatan dan kenangan manis yang membujuk Anda untuk kembali berkunjung.

Kota Semarang dikenal sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah. Semarang berada di sisi utara Pulau Jawa berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Lokasi tepatnya berada di 558 km sebelah timur Jakarta atau 512 km sebelah barat Surabaya. Batas barat adalah Kabupaten Kendal, selatan berbatasan dengan Kabupaten Semarang, dan di timur berbatasan dengan Kabupaten Demak. Luas wilayah Kota Semarang mencapai 373.67 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 2 juta jiwa. Bahkan dengan datangnya wisatawan, jumlah civitas di kota ini mampu mencapai 2.5 juta jiwa.

rental mobil di Semarang

Abad ke-8 M, Semarang merupakan wilayah atau daerah pesisir yang dikenal dengan nama Pragota dan merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno. Dulunya dikenal sebagai pelabuhan dengan adanya gugusan pulau-pulau kecil di depannya. Adanya pengendapan menyebabkan pesisir itu menyatu dan membentuk daratan yang kini dikenal dengan wilayah Semarang Bawah. Pada akhir abad ke-15 M, dikenal seorang bernama Pangeran Made Pandan yang ditempatkan oleh Kerajaan Demak untuk menyebarkan agama Islam dari perbukitan Pragota. Semakin suburnya daerah itu dan muncul pohon asam yang arang sehingga nama daerah tersebut hingga saat ini dikenal dengan sebutan Semarang.

Berkunjunglah ke Semarang dan pastikan Anda tidak melewatkan spot-spot wisata yang merupakan landmark Kota Semarang. Yang paling terkenal adalah Lawang Sewu. Bangunan ini dulunya merupakan kantor bagi NIS (Nederlands-Indische Spoorweg). Sebelum membangun dan menempati Lawang Sewu sebagai kantor administrasi, awalnya NIS melakukan kegiatan perkantoran di Stasiun Semarang Gudang. Namun seiring berkembangnya jalur kereta mengakibatkan bertambahnya personil teknis dan administrasi bagi stasiun itu sendiri. Mengingat bahwa lokasi stasiun pun kurang layak dijadikan tempat kerja karena berada dekat rawa (sehingga urusan sanitasi menjadi pertimbangan) diputuskanlah membangun sebuah gedung baru yaitu Lawang Sewu. Selain Lawang Sewu, berkunjunglah juga ke Sam Poo Kong – sebuah bekas tempat persinggahan seorang Laksamana Tiongkok bernama Zheng He atau Cheng Ho. Jangan lupa kunjungi pula Museum Rekor Dunia Indonesia yang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan 275, Semarang, Jawa Tengah. Di sini Anda akan melihat prestasi superlatif yang terjadi di Indonesia sebanyak lebih dari 1.200 rekor.

rental mobil di Semarang

Tahu kan, kalau Indonesia sangat kaya dengan berbagai warisan peninggalan dalam bentuk budaya? Semarang juga memiliki beberapa kebudayaan warisan yang dilestarikan hingga saat ini. Semarang dikenal dengan penduduknya yang tidak hanya didominasi etnis Jawa tetapi juga etnis Tionghoa. Salah satu budaya yang terdapat unsur Jawa Oriental ini adalah Tarian Semarangan yang menampilkan keindahan seni tari dan lawak-lawakan. Alat musik yang digunakan seperti kendang Jawa Barat, bonang, kempul, suling, gambang, sukong, konghayag, dan balungan. Selain itu seni musik yang dimiliki adalah gamelan – yang kini dibuat lebih modern dengan disatukan dengan model musik klasik barat menjadi sebuah Orchestra Van Java.

Jajakilah Semarang dengan berbagai keindahannya namun jangan lupa untuk singgah dan mencicipi lezatnya makanan dan jajanan khas Semarang. Jika Anda berkunjung ke Semarang, coba datangi tempat-tempat berikut yang dikenal sebagai street food Kota Semarang seperti Nasi Ayam Bu Sami (terletak di pasar kaki lima sebelah Simpang Lima), Lekker Paimo (berada di depan SMA Kolose Loyola), Tahu Gimbal (ditemukan di sekitaran Taman KB depan SMA Negeri 1 Semarang), Es Duren Segitiga Erlangga (berada di Jl. Raya Erlangga), dan Ayam Goreng Kalasan Simpang Lima (yang berada di Jl. Simpang Lima nomor 1).

Tidak sempat mengungjungi tempat-tempat berikut? Santai, banyak jajanan khas Semarang lainnya yang sangat mudah ditemukan di banyak tempat penjualan makanan oleh-oleh seperti lumpia, babat gongso, tahu pong, wingko babat, dan bandeng presto. Bagaimana dengan transportasi di Semarang? Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan tiga jalur (darat, laut, udara) tergantung dari domisili atau posisi Anda sekarang. Via darat, Anda bisa menggunakan bus atau kendaraan pribadi. Bus menjadi pilihan bagi Anda yang suka travelling sementara kendaraan pribadi lebih cenderung untuk kenyamanan lebih. Apapun jalur yang Anda gunakan untuk mencapai Semarang, di sini juga disediakan berbagai angkutan umum yang siap mengantarkan Anda mengelilingi Semarang.

Untuk masalah transportasi, Anda tidak perlu khawatir karena Kota Semarang yang merupakan kota terbesar ke-5 di Indonesia memiliki akses yang cukup mudah dijangkau. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum, bahkan menyewa mobil di beberapa rental mobil di Semarang. Salah satu rental mobil di Semarang yang memiliki kredibilitas tinggi adalah Semberani Rent. Anda bisa mendapatkan pelayanan terbaik di rental ini.