Kota Lama, Peninggalan Belanda di Semarang

Saat berkeliling kota bersama rental mobil Semarang dan melintasi daerah Bandarharjo, Semarang Utara, Anda akan bertemu sebuah lokasi yang bernuansa Belanda. Banyak sekali bangunan kuno khas Belanda. Daerah yang pernah menjadi lokasi pendudukan Belanda di abad ke-18 ini pun dijuluki “Little Netherland”.

Sebagaimana Kota Tua yang terdapat di Jakarta, Kota Lama juga menjadi salah satu sasaran utama bidikan kamera dari para pencinta fotografi. Mulai dari bangunan, tanaman-tanaman yang ada, juga bentuk jalan, semua bergaya Belanda. Bahkan beberapa film layar lebar pun memanfaatkan suasana tempat ini.

rental mobil kota lama semarang

LITTLE NETHERLAND. Kota Lama di Semarang merupakan peninggalan kolonial Belanda.


Di Jalan Suari, dulunya bernama Kerk Straat, Anda akan melihat arsitektur kuno sisa-sisa kemegahan khas Belanda. Bangunan tinggi dipadu desain pintu dan jendela yang besar. Ada yang tampak kumuh, namun ada juga yang terawat. Sebut saja: Gereja Blenduk (gereja tertua di Semarang), Stasiun Kereta Api Tawang, Taman Sri Gunting, kantor pos, pabrik, pertokoan, dan bangunan lainnya.

Kota Lama selalu mampu menjadi magnet bagi wisatawan. Entah hanya sekadar mengagumi kecantikannya, mengabadikannya dengan berbagai tujuan, atau sebagai ajang nostalgia mengenang masa kolonial Belanda. Pastikan Anda tidak melewatkannya saat berada di Kota Atlas ini.