5 Objek Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Sejak dulu Indonesia memang dikenal memiliki beragam tempat objek wisata di setiap daerahnya. Kebanyakan para wisatawan dalam negeri dan mancanegara memang selalu memuja Bali dan Yogyakarta. Padahal masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang keindahannya juga tak kalah dengan dua tempat tersebut. Salah satu kota yang menyimpan beragam kisah historis serta keindahan alam yang menawan adalah Semarang. Walaupun objek wisata yang ada pada ibu kota Jawa Tengah ini memang tidak seterkenal Bali maupun Yogyakarta, namun keindahannya juga patut untuk dinikmati. Berikut ini merupakan beberapa objek wisata di Semarang yang cukup menarik perhatian para wisatawan.

Lawang Sewu

rental mobil di Semarang

Siapa yang tak mengenal Lawang Sewu? Setiap orang yang mendengar nama Semarang pasti akan langsung teringat dengan objek wisata kuno yang penuh sejarah ini. Lawang Sewu merupakan sebuah gedung yang dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda. Dulunya gedung ini digunakan untuk kantor perusahaan kereta api milik Belanda. Bentuk bangunannya yang memiliki banyak pintu dan jendela membuat tempat ini diberi nama dengan Lawang Sewu, yang artinya seribu pintu. Objek wisata yang satu ini kerap dianggap mistis oleh orang wisatawan karena bangunannya yang berbentuk arsitektur khas zaman Belanda. Selain itu, Lawang Sewu juga memiliki ruang bawah tanah yang dulu digunakan sebagai penjara. Sehingga kesan horor pun semakin menempel pada tempat ini. Anda bisa memasuki Lawang Sewu dengan membayar tiket retribusi sebesar Rp 10.000. Setelah masuk ke tempat ini, Anda bisa mengelilingi gedung sambil berfoto.

Pantai Marina

rental mobil di Semarang

Setelah mengunjungi kawasan penuh histroris di Semarang, Anda bisa berkunjung ke wisata alam berupa pantai di sebelah utara kota ini. Pantai Marina terletak di Jalan Yos Sudarso. Pantai ini memiliki keistimewaan pada lokasinya yang berada di dekat sebuah perumahan. Sehingga beberapa fasilitas sudah tersedia lengkap, seperti kolam renang, speed boat, ski air, hingga taman bermain anak-anak. Anda bisa berjalan-jalan di pantai sambil lari pagi atau bersepeda di sekitar Pantai Marina. Suasananya begitu sepi dan sejuk, sehingga Anda bisa melakukan relaksasi karena padatnya aktivitas sehari-hari.

Kampung Wisata Taman Lele

3

Untuk mengisi waktu liburan, Anda juga bisa mengunjungi Kampung Wisata Taman Lele yang terletak di Jalan Siliwangi. Dengan luas sekitar 2 hektar, Anda bisa menikmati beragam fasilitas seperti danau buatan, kolam renang, kebun binatang mini, taman bermain anak, penginapan, gazebo, serta tempat pertunjukkan. Tempat ini menawarkan panorama alami yang begitu asri dengan danau buatan serta pepohonan rindang. Untuk bisa memasuki Kampung Wisata Taman Lele, Anda diwajibkan untuk membayar biaya masuk sebesar Rp 2.000 pada hari Senin hingga Sabtu. Sedangkan pada hari Minggu sebesar Rp 3.500.

Air Terjun Kali Pancur

rental mobil di Semarang

Apabila Anda merasa kurang tertantang, Anda bisa datang ke Air Terjun Kali Pancur. Objek wisata alam yang populer di Semarang ini terletak di Desa Nogosaren, Semarang. Dengan ketinggian sekitar 150 meter, Anda bisa menikmati bebatuan alam, pepohonan hijau, serta goa sarang walet. Selama perjalanan, Anda akan ditantang melewati 900 anak tangga untuk bisa menikmati keindahan dan kesejukan air terjun ini. Sehingga saat ke sana sebaiknya benar-benar persiapkan kondisi tubuh yang fit. Jangan sampai Anda kelelahan dan malah tidak jadi menikmati pesona Air Terjun Kali Pancur.

Pagoda Buddhagaya Watugong

rental mobil di Semarang

Selain wisata alam dan bersejarah, Anda bisa mengunjungi salah satu objek wisata religi bernama Pagoda Buddhagaya Watugong yang cukup terkenal. Pagoda ini berada pada ketinggian 45 meter, sehingga disebut sebagai pagoda tertinggi yang ada di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Perintis Kemerdekaan yang notabene merupakan tempat umat Buddha melakukan ibadah. Dengan keindahan dan keunikannya, Anda bisa menjadikan objek wisata yang satu ini sebagai spot foto untuk liburan Anda.

Itu tadi beberapa objek wisata di Semarang yang sangat populer dan layak untuk dimasukkan ke dalam list liburan Anda. Untuk masalah transportasi, Anda tidak perlu khawatir karena Kota Semarang yang merupakan kota terbesar ke-5 di Indonesia memiliki akses yang cukup mudah dijangkau. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, kendaraan umum, bahkan menyewa mobil di beberapa rental mobil di Semarang. Salah satu rental mobil di Semarang yang memiliki kredibilitas tinggi adalah Semberani Rental Mobil Semarang. Anda bisa mendapatkan pelayanan terbaik di rental ini.